Sabtu, 05 Juni 2010

Faktor yang mempengaruhi penulisan pesan bisnis

WRITING COLLABORATIVE

Writing collaborative adalah penulisan secara kolaboratif yang bertujuan untuk menghasilkan pesan kolaboratif. Pesan kolaboratif adalah sebuah dokumen/presentasi yang dihasilkan anggota tim secara bersama-sama (biasanya melibatkan manajer proyek, peneliti, penulis, seniman grafis maupun seorang editor).

Agar penulisan kolaboratif dapat berjalan efektif, berikut ini adalah panduan-panduan dalam penulisan secara kolaboratif, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan:

1. Team members
Yaitu memilih anggota tim dengan bijak. Memilih anggota tim dari orang-orang yang memiliki keterampilan, peduli terhadap proyek, memiliki pengalaman dan bakat yang dibutuhkan dalam proyek.

2. Strong leadership
Memilih pemimpin yang kuat dan bertanggungjawab, bias memotivasi tim dan selalu memberi informasi yang diperlukan anggota tim.

3. Cooperation
Kerjasama, membangun komunikasi dalam tim, saling keterbukaan, sehingga timbul saling percaya dalam tim.

4. Clear goals
Tujuan proyek harus jelas.

5. Solid commitment
Menciptakan komitmen yang solid, rasa kepemilikan dan tanggung jawab bersama terhadap dokumen pada setiap anggota.

6. Clear responsibility
Tanggung jawab yang jelas, menetapkan peran setiap anggota secara spesifik dan menetapkan batas yang jelas dalam pekerjaan anggota.

7. Prompt action
Tindakan harus cepat, dengan cara menetapkan batas waktu pekerjaan pada setia bagian.

8. Compatible technology
Memastikan kesesuaian teknologi yang digunakan dengan system pengerjaan proyek.

9. Applied technology
Menerapkan teknologi secara bijaksana, efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar